.::Selamat Datang di Situs Resmi Saifudin Madu Go::. | .::Website Personal yang berhubungan dengan Inspirasi, Edukasi dan Liputan Kegiatan::.

Selasa, 23 September 2014

Kemah Penerimaan Tamu Ambalan (PTA) Tahun Pelajaran 2014/2015



Salam Pramuka,
Kegiatan Kemah Penerimaan Tamu Ambalan (PTA) tahun ini diikuti 365 peserta dari kelas X yang terbagi menjadi 34 sangga. Acara berlangsung di Bumi Perkemahan Obwis Pantai Logending, desa Ayah, kecamatan Ayah. Acara berlangsung selama 3 hari 2 malam dimulai tanggal 11 s.d. 13 Agustus 2014.

Hari Pertama - Senin, 11 Agustus 2014
Kegiatan diawali dengan pendirian tenda peserta berdasarkan kelompok sangga masing-masing. Para peserta terlihat antusias, mereka mendirikan tenda bersama wali sangganya dengan pantauan Seksi Kegiatan. Satu persatu panitia disibukkan dengan tugasnya masing-masing hingga tenda berdiri kokoh.

Setelah pendirian tenda selesai dilanjutkan dengan upacara pembukaan, yang dibuka secara resmi oleh Kamabigus Gudep XI.05.07.163 SMK Ma’arif 2 Gombong beliau Ka’ Ngadino, S.Kom.

Dalam sambutannya ka’ Mabigus menyampaikan beberapa hal diantaranya “ucapan terima kasih kepada seluruh panitia dan semua pihak yang sudah membantu menyukseskan PTA termasuk Kepala Dinas Wisata Pantai Logending yang telah mengijinkan tempatnya. Ada rasa bangga terhadap PTA kali ini, karena berbeda dari tahun-tahun sebelumnya dimana kegiatan memasak dilakukan sendiri tidak menggunakan jasa cathering.”

beliau juga menyampaikan kepada seluruh peserta kemah PTA untuk selalu mengamalkan Pancasila, Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka untuk terbentuknya insan pramuka yang sesungguhnya dan menjadi kader pembangunan yang berjiwa Pancasila, Pungkas Ka’ Ngadino.

Sementara itu, ketua Panitia Penerimaan Tamu Ambalan Ahmad Husaini melaporkan serangkaian kegiatan dari awal sampai akhir. Setelah upacara pembukaan dan istirahat beberapa menit dilanjutkan dengan shalat Maghrib berjamaah di Masjid dan istirahat sejenak, kemudian shalat Isya berjamaah.

Pada pukul 20.00 s.d. 22.00 dilaksanakan pemutaran film motivasi yang berjudul “Sang Kyai” dan Ka’ Arif Rochman, S.Pd.I memaparkan inti cerita film tersebut dan diakhiri dengan kultum oleh K.H Mudofar Anggota komite SMK Ma’arif 2 Gombong yang berisi tentang pentingnya berjihad fii sabilillah.

Hari Kedua - Selasa, 12 Agustus 2014
Memasuki hari kedua tepat pukul 00.30 peserta PTA dibangunkan untuk persiapan Jalan Malam dan Renungan hingga pukul 03:00 WIB. Peserta diberikan waktu 1,5 jam untuk istirahat, dan dibangunkan untuk shalat Subuh berjamaah. Dalam renungan malam yang dipandu oleh Ka’ Yudi Subiyanto dan Ka’ Sugie Winarni menceritakan pentingnya berbakti kepada kedua orang tua, khususnya ibu. Renungan ini sangat menreyuhkan hati, sehingga hampir seluruh peserta tampak menangis mendengar kisah yang disampaikannya.

Pada pukul 05.30 WIB serentak semua peserta PTA, Dewan dan Pembina mengadakan Olah Raga Pagi di Lapangan yang dipandu oleh Ka’ Tasiran. Sementara itu ada beberapa peserta, dewan, pembina yang disibukkan untuk mempersiapkan menu makan pagi.

Tepat pukul 07:30 peserta diberangkatkan untuk Wide Game dengan rute sejauh ± 15 KM, antusias peserta dengan terlihat semangat berjalan kaki dengan menyanyikan beberapa lagu yel-yel.

Kegiatan Api Unggun dan Hiburan dilaksanakan pada malam ketiga setelah pelaksanaan shalat Isya. Dalam kegiatan tersebut tampak beberapa peserta yang tampil mengisi hiburan untuk memeriahkan acara dengan diiringi music dari Madu Band.

Hari Ketiga - Rabu, 13 Agustus 2014
Kegiatan Penerimaan Tamu Ambalan di hari ketiga diawali dengan pengambilan Badge di tengah malam, hingga pukul 04.00 WIB, selanjutnya peserta shalat subuh berjamaah dilanjutkan Olah raga pagi.

Di hari terakhir pungkasan agenda kegiatan PTA yaitu Bakti Sosial dengan membagikan Sembako ke semua warga sekitar Kegiatan PTA. Kemudian seluruh peserta melakukan kerja bakti untuk menjaga kebersihan lingkungan, dan kegiatan ditutup dengan Upacara penutupan dan Pelantikan.
          
Kontributor : Saifudin MaduGo.

0 komentar:

Posting Komentar