.::Selamat Datang di Situs Resmi Saifudin Madu Go::. | .::Website Personal yang berhubungan dengan Inspirasi, Edukasi dan Liputan Kegiatan::.

Kamis, 25 Februari 2016

Kemeriahan Tari Mahelat Lebo Awali Pembukaan Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan 2016

Bojongsari, Kemendikbud --- Pembukaan Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) 2016 diawali dengan kemeriahan tarian daerah Mahelat Lebo. Acara pembukaan berlangsung pada Minggu malam, (21/2/2016), sehingga diharapkan tari Mahelat Lebo sebagai penampilan pertama dapat meningkatkan semangat para peserta RNPK meski pembukaan berlangsung pada malam hari.

Tari Mahelat Lebo, atau berarti
"Membentengi Kampung", berasal dari Kalimantan Selatan. Tarian ini sarat dengan nilai-nilai keberanian. Pada Festival Nasional Tari Tradisi 2015 yang diselenggarakan kemendikbud, Tarian Mahelat Lebo mendapat penghargaan sebagai salah satu penyaji terbaik.

Tari Mahelat Lebo merupakan sebuah tari yang diilhami dari perjuangan suku Dayak Bakumpai pada zaman dulu sebagai bentuk perlawanan yang muncul akibat ancaman baik dari alam nyata dan alam gaib. Dalam keseharian mereka dibekali dengan latihan-latihan perang yang senantiasa diawali upacara adat sebagai bentuk permohonan keselamatan dan perlindungan kepada Mahakuasa.

Karena itu dalam tarian ini para penari tampak bersemangat dengan irama lagu yang cepat, dengan membawa replika senjata khusus suku dayak seperti mandau, sipet dan talabang (tameng) sehingga timbul semangat dan kepercayaan dan media untuk pengusir roh-roh jahat. Mereka turun berjuang untuk mempertahankan dan melindungi kampung mereka dari gangguan-gangguan yang bersifat mengancam.

Supported  by :
sponsor____________________________________________________________
Terima kasih telah berkunjung di Website Personal kami. Mohon berikan komentar Anda untuk meningkatkan kualitas berita kami.
Layanan Liputan dan Iklan di Website kami : 081327736138 Email: saifudinmadugo@yahoo.com
sponsor2

0 komentar:

Posting Komentar