.::Selamat Datang di Situs Resmi Saifudin Madu Go::. | .::Website Personal yang berhubungan dengan Inspirasi, Edukasi dan Liputan Kegiatan::.

Jumat, 26 Februari 2016

SMK Pilihan tepat!



Sekarang, banyak bermunculan Sekolah Menengah Kejuruan (smk) di berbagai kota di Indonesia. SMK adalah salah satu bentuk satuan pendidikan formal yang menyelenggarakan pendidikan kejuruan pada jenjang pendidikan menengah sebagai lanjutan dari SMP/MTs atau bentuk lain yang sederajat atau lanjutan dari hasil belajar yang diakui sama/setara SMP/MTs. SMK sering disebut juga STM (Sekolah Teknik Menengah). Di SMK inilah terdapat banyak sekali Program Keahlian.

Bahwa berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi penentuan jurusan atau program studi keahlian pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) mengacu kepada spektrum keahlian pendidikan menengah kejuruan yang diatur oleh direktorat teknis.

Spektrum keahlian pendidikan menengah kejuruan yang sekarang berlaku dinilai sudah tidak sesuai dengan tuntutan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan kebutuhan dunia kerja (ditpsmk.net).

Dengan demikian, dipandang perlu menetapkan spektrum keahlian pendidikan menengah kejuruan baru yang diatur dengan Keputusan Direktur Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah nomor : 251/C/KEP/MN/2008 tentang spektrum keahlian pendidikan menengah kejuruan. 

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) semakin mantap dengan posisi dan kedudukannya sebagai ujung tombak bagi lahirnya tenaga-tenaga kerja terampil yang siap kerja. Untuk semakin meneguhkan posisi SMK tersebut, pemberian materi diarahkan pa­da pengeta­hu­an yang lebih praktis. Me­tode pendidikan di SMK berorientasi pada berbagai bi­dang kecakapan hidup. 

Pemerintahpun menjadikan SMK sebagai ujung tombak pe­nye­dia tenaga kerja nasional. Sementara Se­kolah Menengah Atas (SMA), dipersiapkan untuk menjadi ilmuwan. SMK men­cip­takan engineer  tingkat menengah yang siap kerja dan telah mengenal per­leng­kapan industri. Mereka dididik untuk bisa diadopsi lang­sung oleh industri. 

Keuntungan sekolah di SMK adalah mempunyai keunggulan dari kompetensi tertentu yaitu lebih siap kerja, trampil, lebih siap mandiri dan kompetitif dalam bidang kompetensi jurusannya masing-masing serta dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi (Perguruan Tinggi).

Salah satu contoh SMK adalah SMK Ma’arif 2 Gombong. SMK Ma’arif 2 Gombong adalah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)  kelompok Teknologi dan Industri yang berbasis Pondok Pesantren. SMK Ma'arif 2 Gombong mempunyai 3 (tiga) Program Keahlian yaitu: Teknik Elektro (Teknik Audio Video), Teknik Otomotif (Teknik Kendaraan Ringan) dan Teknik Pendingin dan Tata Udara.

Dengan sarana dan prasaran yang ada dan didukung SDM yang handal dalam bidang teknologi, SMK Ma’arif 2 Gombong akan terus berusaha agar menjadi ujung tombak dalam usaha pengembangan Iptek dan Imtaq di Kabupaten Kebumen dan Indonesia pada umumnya.

SMK Ma’arif 2 Gombong lebih dikenal dengan sebutan SMK Madu Go didirikan pada tahun 1994 dengan SK Pendirian Nomor 525/1.03/I/1994 tertanggal 5 September 1994. Sekolah yang bernaung dalam Lembaga Pendidikan Ma’arif NU ini terletak di jalan Kemukus No. 96 B Gombong, Kebumen, Jawa Tengah.

Sekolah kebanggaan warga Nahdliyin ini telah meraih sertifikat ISO 9001:2008 pada tahun 2013. Artinya, SMK Madu Go dianggap memenuhi standar internasional di bidang sistem manajemen mutu. Dengan demikian diharapkan dengan diterimanya sertifikat  ISO ini  menunjukkan, manajemen mutu di semua unit kerja di SMK Ma’arif 2 Gombong  telah memenuhi standar kepuasan pelanggan. Standar manajemen ISO 9001:2008, merupakan jaminan bagi dunia kerja yang artinya SMK Madu Go telah diakui manajemennya oleh dunia internasional.

SMK Madu Go berkomitmen mencetak lulusan yang handal dan profesional yang memegang teguh aqidah Ahlussunnah Waljama’ah (Aswaja). Komitmen tersebut merupakan implementasi visi SMK Madu Go yakni menyiapkan siswa yang unggul dalam prestasi berdasarkan iman dan taqwa.

Sedangkan Misi SMK Madu Go yakni menyiapkan siswa menjadi tenaga kerja tingkat menengah yang produktif, terampil, dan mandiri untuk mengisi lapangan kerja dalam upaya mempercepat dan memperkokoh pertumbuhan teknologi dan industri dalam pembangunan nasional.

Sementara pilihan kegiatan ekstrakurikuler dan wadah kegiatan siswa juga sangat beragam. Mulai dari olahraga berbagai cabang, pramuka, kesenian, Palang Merah Remaja (PMR), Paskibra, Polisi Keamanan Sekolah (PKS), Pecinta Alam, Qiro’ah, Kaligrafi, OSIS dan Komputer.

Lebih menarik SMK Madu Go juga memiliki wadah kreativitas dunia boardcasting dan kepenyiaran bagi siswanya, yakni Radio Madu FM 107.4 Mhz. Radio Madu FM adalah radio komunitas pelajar di Kota Gombong yang memiliki jangkauan siar yang cukup luas dan pendengar yang cukup banyak, terutama kalangan pelajar. 

Fasilitas yang dimiliki SMK Madu Go pun sangat lengkap. Mulai dari bengkel dan ruang praktik masing-masing jurusan keahlian, lab. komputer, lab. bahasa, ruang praktik gambar teknik, perpustakaan multimedia, dan sarana penunjang lainnya.

Disinilah siswa merasa nyaman terpenuhi fasilitasnya sehingga belajar mereka sangat mengasyikan. Berbagai prestasi juga telah diraih seperti Juara Lomba Kompetensi Siswa, Pramuka, Bola Voli, dan prestasi yang lain. Prestasi dan kelengkapan fasilitas ini menjadi daya tarik SMK di mata masyarakat.

Untuk itulah “SMK pilihan tepat” yang memberikan ruang dan waktu kepada siswanya untuk menggapai cita-cita dan mengasah bakatnya dari sini. Semoga lulusan SMK dapat memberikan kontribusi dan peranan penting di negeri Indonesia tercinta ini, Amiin. SMK Bisa…!

Supported  by :
sponsor____________________________________________________________
Terima kasih telah berkunjung di Website Personal kami. Mohon berikan komentar Anda untuk meningkatkan kualitas berita kami.
Layanan Liputan dan Iklan di Website kami : 081327736138 Email: saifudinmadugo@yahoo.com
sponsor2

0 komentar:

Posting Komentar