.::Selamat Datang di Situs Resmi Saifudin Madu Go::. | .::Website Personal yang berhubungan dengan Inspirasi, Edukasi dan Liputan Kegiatan::.

Selasa, 07 Februari 2017

Latih Kejujuran siswa, pihak sekolah buat kantin kejujuran

www.saifudinmadugo.com (Gombong) – Berbagai cara untuk mengajarkan seorang anak untuk bertindak jujur. Salah satunya mungkin seperti yang di terapkan di SMK Ma’arif 2 Gombong, yang membuat Kantin Kejujuran. Hal ini dilakukan pihak sekolah untuk membiasakan siswa dari bahaya laten Korupsi.

Kantin yang berada di SMK Ma’arif 2 Gombong ini, jika dilihat sepintas mungkin sama dengan kantin-kantin yang ada di sekolah lain. Namun yang membedakannya dengan kantin lain pada umumnya, adalah tidak adanya penjaga kantin yang biasa melayani pembeli. Siswa yang ingin makan dan minum di kantin ini harus melayani diri sendiri, dan membayar sesuai dengan apa yang dimakan.

Tujuan didirikannya kantin tersebut, tidak lain adalah untuk melatih kejujuran para siswa sejak usia sekolah, sehinga para siswa sudah dibiasakan berperilaku jujur, baik di lingkungan sekolah maupun di implementasikan lingkungan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

“Kantin kejujuran ini dibuat untuk melatih siswa agar menjadi orang yang jujur. Dan untuk mencapai hal itu butuh praktik yang harus dilakukan setiap hari, agar menjadi terbiasa, bukan hanya dengan kata-kata,” ungkap Retno Pudjiastuti, S.Pd. Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan kepada
saifudinmadugo.com.

Retno menambahkan, di kantin kejujuran ini, para siswa dapat langsung mengambil makanan atau minuman yang diinginkan, lalu membayar, dan ambil uang kembalian sendiri. Dengan konsep ini, diharapkan dapat menanamkan kejujuran dalam diri siswa sejak dini, sehingga nantinya sifat ini akan terbawa kelak saat mereka dewasa.

“Siapapun yang ingin belanja dapat mengambil sendiri makanan atau minuman yang diinginkan, lalu membayar sesuai dengan harga yang tertera atau tertempel pada setiap kelompok jenis makanan dan minuman. Semua transaksi dilakukan serba sendiri. Tak ada kamera pengintai atau penjaga yang mengawasi selama kantin kejujuran beroperasi. Justru karena semua serba sendirilah, maka kejujuran kita diuji” Imbuh Retno dengan tegas.

Louncing kantin kejujuran tersebut dilaksanakan pada kegiatan upacara bendera hari Senin (16/1) kemarin sekaligus disampaikan sosialisasi ke semua warga sekolah bahwa mulai hari itu kantin kejujuran telah dibuka dan mulai beroperasi.

Sementara itu, para siswa menyambut baik kehadiran kantin kejujuran tersebut, karena dengan adanya kantin kejujuran siswa diajarkan untuk selalu berperilaku jujur, serta mengajarkan mereka untuk tidak melakukan korupsi sejak dini.

“Kami diajarkan untuk selalu berperilaku jujur dan mengajarkan kami untuk tidak bertindak korupsi,” ujar Iqbal Muhtadin (16) siswa SMK Ma’arif 2 Gombong kelas XII TKR 1.

Siswa lain Rifqi Indrian Pratama, merasakan betul manfaat kantin kejujuran ini. “Melatih kita untuk jujur dan bertanggung jawab. Beli satu, bayar satu. Kalau nggak bayar akan ada rasa bersalah meskipun nggak ada yang lihat,” ungkapnya.

Rifqi menambahkan, Untuk menarik minat lebih ke siswa penyelenggara kantin kejujuran diharapkan untuk lebih berinovasi lagi dalam menyediakan dagangannya sehingga para siswa dapat lebih tertarik lagi dan kantin kejujuranpun lebih meriah banyak pengunjung atau pembeli, sekaligus mengurangi jumlah siswa yang suka jajan di warung luar sekolah, “pokoknya sip deh pak”, imbuh Rifqi tersenyum manis. (SaifudinMDG)

Supported_by:____________________________________
sponsor
Terima kasih telah berkunjung di Website Personal kami. Mohon berikan komentar Anda untuk meningkatkan kualitas berita kami. Layanan Liputan : 081327736138 | Email:saifudinmadugo@yahoo.com
SAIFUDIN-23-1-1024x294


0 komentar:

Posting Komentar