.::Selamat Datang di Situs Resmi Saifudin Madu Go::. | .::Website Personal yang berhubungan dengan Inspirasi, Edukasi dan Liputan Kegiatan::.

Minggu, 16 Juli 2017

Asyiknya!!!! Back To School




Pada hari Senin besok tepatnya tanggal 17 Juli 2017 besok, serempak siswa, guru, karyawan dan akademisi di tingkat SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA kembali mulai beraktivitas dalam Kegiatan Belajar Mengajar masuk sekolah kembali Tahun Pelajaran 2017/2018 setelah libur panjang istirahat di rumah masing-masing.
Ini tentunya membuat semua kalangan (Siswa, Guru, Karyawan dan Akademisi) menjadi hal penting yang harus disiapkan kembali, mulai dari pakaian seragam, kendaraan, alat tulis, bahkan bekal karena mungkin ada sekolah yang kegiatan belajar mengajarnya seharian penuh (full day school).
Masuk hari pertama terkadang membuat kita gugup dalam menghadapi sesuatu. Apalagi yang baru saja masuk ke jenjang yang lebih tinggi (hari besok adalah kegiatan Pengenalan Lingkugan Sekolah Bagi Siswa Baru yang dulu dikenal dengan Masa Orientasi Siswa). Hal ini bisa membuat kita lupa sesuatu atau malah tidak siap dalam menjalani kembali aktivitas seperti sebelumnya. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, saifudinmadugo.com mau bagi-bagi tips untuk kalian semua. Tipsnya bukan hanya untuk kalian yang akan masuk sekolah setelah liburan, tapi juga untuk kalian yang kembali masuk kerja setelah libur panjang moment lebaran.
Persiapan malam terakhir liburan:
  1. Siapkan seragam sesuai jadwal (atau pakaian untuk kamu yang mulai kerja) yang akan dipakai besok pagi. Jangan lupa disetrika yang rapi supaya kamu tetap percaya diri (ini penting),
  2. Siapkan buku pelajaran (modul, LKS atau alat tulis) sesuai jadwal pelajaran (jangan sampai ketika pelajaran dimulai kalian tidak membawa buku pelajaran di hari itu),
  3. Berdo’a sebelum tidur dan jangan tidur terlalu larut malam agar bisa istirahat dengan cukup dan besok tidak mengantuk di sekolah / tempat kerja.
  4. Periksa kembali alat transportasi bagi kalian yang berangkat menggunakan sepeda atau sepeda motor seperti bensin, ban, helm dan lain sebagainya, jangan lupa pakai helm dan bawa SIM dan STNK (penting)
Persiapan hari pertama masuk sekolah
  1. Bangun tidur pagi-pagi (Shalat subuh dan berdo’a agar Allah SWT senantiasa memberikan kepada kita kekuatan dan keberkahan dalam hidup)
  2. Pergunakan seragam selengkapnya atau pakaian sesuai dengan peraturan/jadwal hari itu, karena setiap sekolah/tempat kerja memiliki aturan yang berbeda mengenai pakaian yang boleh dipakai ke sekolah atau tempat kerja masing-masing.
  3. Periksa kembali alat tulis yang akan dibawa.
  4. Sarapan terlebih dahulu sebelum pergi ke sekolah/tempat kerja karena sarapan bisa membuatmu lebih bertenaga dan semangat seharian. (Apabila yang berhajat puasa sunnah senin-kamis maka usahakan  untuk “makan Saur” terlebih dahulu karena banyak barokah di waktu Saur itu).
  5. Pamit kepada kedua orang tua pada saat akan berangkat ke sekolah/tempat kerja (karena Ridho Allah tergantung kepada ridho kedua orang tua).
Hari pertama di sekolah / tempat kerja
  1. Apabila kelas sudah dibagi, carilah ruang kelasmu setelah tiba di sekolah, sehingga kamu bisa segera masuk ke kelasmu, apabila ada pengumuman agar seluruh siswa masuk ke kelas masing-masing.
  2. Ucapkan salam, kemudian tanya kabar (say halo) dengan teman-teman yang mungkin tiga minggu bahkan lebih (liburan) tidak bertemu.
  3. Berjabat tanganlah (bagi yang makhrom) dengan guru, karyawan dan teman dengan baik, ajaklah teman-teman ngobrol yang baik, berbincang positif dengan teman akan membuatmu lebih cepat dikenal oleh mereka dan membuat kalian lebih dekat dengan mereka (teman). Dekat dengan teman sering kali membawa banyak keuntungan loh.
  4. Ikuti petunjuk apapun yang akan diberikan oleh pihak sekolah/tempat kerja, baik perintah untuk berkumpul di halaman atau masuk ke kelas masing-masing.
  5. Nikmati hari pertama sekolah/tempat kerjamu dengan riang gembira dan penuh kepercayaan diri. Ingatlah bahwa di sekolah/tempat kerja itu kamu akan menuntut ilmu (*yang sekolah) sebagai bekal masa depanmu.
Ingat : Menuntut ilmu adalah hal yang paling wajib yang dilakukan manusia untuk memperluas wawasan sehingga derajat kitapun dapat terangkat. Menuntut ilmu juga merupakan ibadah sebagaimana Sabda Nabi Muhammad SAW bahwa “menuntut ilmu diwajibkan atas orang Islam laki-laki dan perempuan”.
Dalam Q.S. Al-Mujadalah ayat 11, Allah SWT juga berfirman, “Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman diantaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat”.
Nah bagaimana tips-tips di atas? Semoga membantu kamu semua dalam menjalani kegiatan belajar di sekolah. Semoga bermanfaat. Sukses selalu… Keep Spirit !
Penulis : Saifudin Madu Go
Supported  by :
sponsor_____________________________________________________
Terima kasih telah berkunjung di Website Personal kami. Mohon berikan komentar Anda untuk meningkatkan kualitas berita kami.
Layanan Liputan dan Iklan di Website kami : 081327736138 Email: saifudinmadugo@yahoo.com
Kalau Bermanfaat bantu SHARE ya...Share on Facebook66Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0

0 komentar:

Posting Komentar