.::Selamat Datang di Situs Resmi Saifudin Madu Go::. | .::Website Personal yang berhubungan dengan Inspirasi, Edukasi dan Liputan Kegiatan::.

Selasa, 04 Juli 2017

Audit Eksternal, Kasek SMK Madugo: “Melangkah Maju - Mengejar Mutu”

GOMBONG (MadugoNews) – Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat serta meningkatnya mutu pendidikan, membuat kebutuhan akan manajemen sekolah harus semakin meningkat. Dalam merealisasikan hal tersebut, SMK Ma’arif 2 Gombong Kabupaten Kebumen yang lebih dikenal dengan sebutan SMK Madugo itu, baru mengadakan Audit Eksternal SMM ISO 9001:2008.
Adapun acara Opening Meeting 1st Follow Up Audit ISO 9001:2008 itu, dilaksanakan pada pukul 09.00 bertempat di Aula Sekolah setempat, Rabu (26/4) pagi. Dalam hal ini yang bertugas menjadi Auditor adalah Novi Arif Budiman dan Bashirun berasal dari PT. TUV Rheinland Indonesia Cabang Yogyakarta.
Dalam kegiatan tersebut, Nampak hadir Tim Auditor dari PT. TUV Rheinland Indonesia, Ketua Pimpinan Cabang Lembaga Pedidikan Ma’arif NU Kabupaten Kebumen Dr. Imam Satibi, M.Pd.I, segenap komite sekolah, kepala sekolah, segenap wakil kepala sekolah, kepala tata usaha, kepala jurusan serta semua dewan guru dan karyawan SMK Ma’arif 2 Gombong. Audit meliputi Kepala Sekolah, Waka bidang Ketenagaan dan Manajemen Mutu, Waka Kurikulum, Waka Kesiswaan, Waka Hub Ind, Waka Sarpras, Tata Usaha, Perpustakaan dan Kepala Program Studi.
Sebagai standar mutu internasional, implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 secara konsisten akan meningkatkan mutu sekolah serta efisiensi dalam pengelolaan sumber daya sekolah. Selain itu, sekolah akan mendapatkan nilai lebih di mata masyarakat sebagai sekolah berkualitas internasional atau memiliki citra yang lebih baik dibanding sekolah lainnya. Hal ini tentunya akan meningkatkan kemampuan sekolah dalam memancing minat masyarakat untuk memasukan anaknya pada sekolah tersebut.
Seperti yang disampaikan oleh Kepala SMK Ma’arif 2 Gombong, Ngadino, S.Kom dalam sambutannya menyampaikan bahwa diadakannya Audit Eksternal ISO 9001:2008 itu, merupakan upaya untuk meningkatkan mutu manajemen sekolahnya dalam hal pendidikan dan pelayanan kepada masyarakat. Hal itu dilakukan sebagai tolak ukur sebuah manajemen apakah sekolah itu pantas dijual di masyarakat atau tidak. “kalau memang nantinya dalam audit ada temuan, itu akan menjadi sebuah evaluasi kedepan bagi sekolah kami”, terang Ngadino.
Kami, lanjutnya, bersama tim ISO SMK Ma’arif 2 Gombong akan secepatnya mengadakan tindak lanjut untuk perbaikan-perbaikan yang muncul dalam permasalahan sehingga SMK Ma’arif 2 Gombong akan lebih baik dan terus diminati oleh masyarakat.
Ngadino juga menambahkan manajemennya tidak bisa lepas dari regulasi perubahan, disaat manajemen sekolahnya bagus, pihaknya tetap akan belajar dan terus meningkatkan kualitas pelayanannya sebagai implementasi ISO yang diamanahkan.
“Semoga masyarakat akan semakin tertarik dengan sekolah kami, apalagi SMK Ma’arif 2 Gombong baru-baru ini telah memberikan pelayanan kepada umat dengan melaksanakan Ujian Nasional Kesetaraan kejar Paket (UNKP) Paket C (setara SMA). Ini diharapkan menjadi efect positif karena mereka (peserta) secara otomatis akan menceritakan kondisi sekolah kami, semoga barokah, SMK Bisa… SMK Bisa… SMK Madu Go Jaya, Melangkah Maju Mengejar Mutu,” Imbuh Ngadino dengan semangat.
Hal yang sama disampaikan oleh Ketua Pimpinan Cabang Lembaga Pedidikan Ma’arif NU Kabupaten Kebumen Dr. Imam Satibi, M.Pd.I, menyangkut kelangsungan manajemen di SMK Ma’arif 2 Gombong. Dirinya memberikan apresiasi kepada PT. TUV Rheinland Indonesia. “Semoga kerjasama ini akan saling menguntungkan antara PT. TUV Rheinland Indonesia dengan sekolah yang kami naungi, SMK Ma’arif 2 Gombong”, terangnya.
Imam menambahkan saat ini SMK Ma’arif 2 Gombong jauh semakin membaik dikalangan SMK Ma’arif lainnya, lebih modern, sangat paham akan kebutuhan manajemen dan lebih mudah menerima pembaharuan. “mudah-mudahan dalam audit nanti, tidak ada temuan yang mayor, kalaupun ada, itu semoga kesalahan yang bisa diperbaiki. Introspeksi atau muhasabah itu bagian dari Quality improvement.” Tandas Imam.
Setelah seharian semua unit kerja SMK Ma’arif 2 Gombong di audit, maka tibalah acara closing Meeting 1st Follow Up Audit ISO 9001:2008 yang laksanakan tepat pada pukul 17.00 WIB. Dalam penyampaiannya, Tim Asesor Basirun dan Novi Arif Budiman menemukan 10 temuan bagus, diantaranya: Penghargaan Nasional Sekolah Favorit Admired School Jakarta, Penghargaan Kepala Sekolah Hebat Tingkat Nasional dari Kitto, Selesainya pengembangan 5 ruang kelas baru dan pengadaan 85 set computer untuk UNBK termasuk penambahan daya listrik, Juara 1 kategori kreatifitas duta wisata tingkat kabupaten, Juara 2 voli IAINU CUP, Juara 1 Geguritan Tingkat Kabupaten, Juara 3 Pidato Tingkat Barlingmascakeb, Juara 2 LKS TAV Tingkat Kabupaten, Juara 2 LKS TPTU Tingkat Propinsi Jateng dan Juara 2 LCC Kebangsaan Tingkat Kabupaten.
Novi menambahkan, agar SMK Ma’arif 2 Gombong ini lebih meningkat mutu manajemennya maka direkomendasikan untuk menetapkan dan menyediakan acuan peraturan perundangan yang berlaku dan dilakukan updating secara berkala serta direkomendasikan juga untuk menetapkan standar layout bengkel dan melakukan relayout.
Acara Opening dan closing Meeting 1st Follow Up Audit ISO 9001:2008 yang dipandu oleh Wakil Kepala Sekolah bidang Ketenagaan dan Manajemen Mutu Gatot Kusmardono, S.Pd. itu, berjalan dengan sangat baik. Humor segar yang disampaikan oleh pemandu acara mampu mengubah suasana menjadi lebih cair dan ceria di hari itu.
Hasil audit dari tim auditor PT. TUV Rheinland Indonesia Cabang Yogyakarta yang dibacakan pada Closing Meeting menunjukkan tidak adanya temuan yang bersifat fatal sehingga SMK Ma’arif 2 Gombong direkomendasikan masih dapat mempertahankan setifikat SMM ISO 9001:2008 dari PT. TUV Rheinland Indonesia. (Sfd)
Supported_by:____________________________________
sponsor
Terima kasih telah berkunjung di Website Personal kami. Mohon berikan komentar Anda untuk meningkatkan kualitas berita kami. Layanan Liputan : 081327736138 | Email:saifudinmadugo@yahoo.com
SAIFUDIN-23-1-1024x294

0 komentar:

Posting Komentar