.::Selamat Datang di Situs Resmi Saifudin Madu Go::. | .::Website Personal yang berhubungan dengan Inspirasi, Edukasi dan Liputan Kegiatan::.

Selasa, 04 Juli 2017

Perkuat Kaderisasi, PK IPNU-IPPNU SMK Madugo Gelar Makesta

SEMPOR (MadugoNews) – Pimpinan Komisariat Ikatan Pelajar Putra dan Putri Nahdlatul Ulama (PK IPNU-IPPNU) SMK Ma’arif 2 Gombong (Madugo) Kabupaten Kebumen mengadakan up-grading dan Masa Kesetiaan Anggota (Makesta). Acara yang digelar di Masjid Soko Tunggal Pekuncen Kecamatan Sempor Kebumen selama dua hari Sabtu-Ahad (29-30/4) itu, berjalan sangat meriah.
Kegiatan  yang bertemakan “Mewujudkan Generasi Muda NU di Tengah Masyarakat Modern” itu, diikuti peserta tidak hanya dari SMK Ma’arif 2 Gombong saja, namun diikuti juga dari berbagai sekolah lain diantaranya SMA Negeri 1 Gombong, SMP Negeri 4 Gombong, MTs Negeri Gombong, SMP Negeri 1 Sempor  serta perwakilan dari beberapa ranting NU di Kecamatan Sempor.
Para kader itu diberikan berbagai macam materi diantaranya Analisa Diri, Leadership (kepemimpinan), Lagu Wajib, Latihan Upacara, Out Bond, Mindset, Pendidikan Karakter, Administrasi, Komunikasi dan Kerjasama, Latihan Baris-berbaris (LBB), Scientific Problem Solving (SPS), Retorika serta Manajemen Organisasi.
Ketua Panitia Makesta, Erry Sulistiyo (17) ketika dijumpai Jurnalis MadugoNews disela-sela kegiatan mengatakan, bahwa Masa Kesetiaan Anggota (Makesta) adalah wahana untuk mengantarkan calon anggota dari kehidupan individu kedalam kehidupan organisasi.
Erry menambahkan, Makesta juga merupakan wahana orientasi dalam kehidupan berorganisasi serta metode pengkaderan tahap awal menuju perekrutan dan pengenalan anggota baru terhadap organisasi IPNU-IPPNU.
Melalui kegiatan Makesta tersebut, dirinya berharap para kader nantinya akan memiliki kesadaran kritis tentang pentingnya berorganisasi. Cara yang paling tepat untuk membesarkan organisasi melalui pengkaderan anggota, salah satunya melalui Makesta. ”Kita ingin memberikan keyakinan kepada mereka bahwa IPNU-IPPNU merupakan wadah organisasi yang tepat untuk berjuang di NU,” ujar Erry.
Kepala SMK Ma’arif 2 Gombong Ngadino, S.Kom melalui Waka Kesiswaan Retno Pudjiastuti, S.Pd. mengatakan, kegiatan Makesta bertujuan membentuk karakter siswa menjadi seorang pemimpin. “Kegiatan ini juga bertujuan untuk menggali potensi anak-anak agar lebih mapan dalam berorganisasi,” terangnya saat dikonfirmasi disela-sela kegiatan, Ahad (30/4) pagi. 
Retno juga menambahkan, bahwa yang paling utama dari kegiatan kesiswaan itu untuk mencari bibit yang akan menggantikan pengurus IPNU-IPPNU dan OSIS periode berikutnya. Ia menambahkan, rencananya Agustus 2017 mendatang pihaknya akan mengadakan reorganisasi.
Kegiatan pengkaderan itu, lanjut Retno, sudah menjadi program utama dari Waka Kesiswaan SMK Madugo bekerja sama dengan PC IPNU Kabupaten Kebumen. “kami akan terus mendorong kepada PK IPNU-IPPNU untuk terus menyiarkan ilmu-ilmu agama sehingga kader-kader tersebut dapat seperti lilin yang bisa menerangi teman-temannya.” Imbuh Retno.     
Sementara itu, Pembina IPNU-IPPNU SMK Ma’arif 2 Gombong Arif Rochman, M.Pd.I saat ditemui awak media MadugoNews mengatakan, sangat mengapresiasi kegiatan Makesta yang di gagas oleh PK IPNU-IPPNU SMK Madugo tersebut. Arif berharap peserta Makesta tersebut nantinya mendapat bimbingan terus dari Pimpinan Komisariat sehingga acara tersebut tidak hanya berhenti sampai disini saja.
Dirinya merasa bangga, dengan adanya pengkaderan yang matang, maka kelangsungan organisasi NU yang berpaham ahlussunah wal jamaah akan terus lestari. Arif mengaku turun langsung ke bawah untuk merekrut kader ke semua ranting. “Alhamdulillah semuanya sangat antusias dan bersemangat,” ungkapnya.
Pihaknya menjelaskan bahwa PK IPNU-IPPNU SMK Madugo mengadakan Makesta di luar sekolah bertujuan untuk bersilaturrahim dengan masyarakat, selain itu sebagai ajang untuk melatih kemandirian siswanya dan peserta lain yang mengikuti, karena jauh dari sekolah, serta untuk mengenalkan sekolah SMK Ma’arif 2 Gombong kepada masyarakat sekitar.
“Semoga acara seperti ini semakin berkualitas kedepannya, mereka adalah calon pemimpin IPNU-IPPNU dan OSIS. Kemudian kelak, mereka adalah calon pemimpin untuk masyarakat, bangsa dan negaranya,” imbuh Arif. (Sfd)
Supported_by:____________________________________
sponsor
Terima kasih telah berkunjung di Website Personal kami. Mohon berikan komentar Anda untuk meningkatkan kualitas berita kami. Layanan Liputan : 081327736138 | Email:saifudinmadugo@yahoo.com
SAIFUDIN-23-1-1024x294

0 komentar:

Posting Komentar