.::Selamat Datang di Situs Resmi Saifudin Madu Go::. | .::Website Personal yang berhubungan dengan Inspirasi, Edukasi dan Liputan Kegiatan::.

Selasa, 04 Juli 2017

Saatnya Dakwah Ekonomi Dilaksanakan

GOMBONG (NurfalNews) – Mayoritas masyarakat masih cenderung memaknai agama hanya sebagai urusan ukhrowi (akherat) semata. Padahal ajaran dalam agama sebenarnya telah lengkap untuk mengatur semua sendi kehidupan. Untuk itu untuk menyelesaikan persoalan baik urusan ukhrowi maupun duniawi sebenarnya telah ada pada agama.

Kendati demikian, hingga kini masih jarang dakwah-dakwah tentang ekonomi digencarkan. Umumnya para pendakwah cenderung lebih menyampaikan masalah-masalah ubudiyah dari pada membahas persoalan mualamah. Hal inilah yang mungkin membuat umat beranggapan bahwa urusan agama yakni hanya pada persoalan ritual peribadatan.

Dakwah ekonomi salah satunya dapat dilaksanakan dengan menciptakan masjid sebagai pusat peradaban masyarakat. Hal ini dapat dilaksanakan dengan menjadikan masjid sebagai pusat kegiatan masyarakat termasuk diantaraanya kegiatan ekonomi. Hal ini juga yang dilaksanakan oleh Masjid Nurul Falaah yang terdapat di Desa Kedungpuji Kecamatan Gombong. Masjid tersebut memanfaatkan momen Bulan Suci Ramadhan untuk menggelar Kegiatan Pasar Sore Ramadhan.

Adanya kegiatan tersebut, benar-benar telah menyulap jalan menuju masjid di menjadi pusat kegiatan ekonomi di sore hari. Setiap sore di Bulan Ramadhan terdapat puluhan pedagang yang berjualan di jalan menuju Masjid Nurul Falaah. “Kegiatan Pasar Sore Ramadhan ini telah dilaksanakan sejak tujuh tahun yang lalu. Saat ini terdapat 50 pedagang yang berjualan,” tutur salah satu panitia Saefudin SE, Minggu (5/6/2017).

Menurut Safudin adanya kegiatan Pasar Sore Ramadhan, telah sejalan dengan visi Masjid Nurul Falaah yakni “Terciptanya Masjid Nurul Falaah Sebagai Pusat Peradaban Islam” . Kegiatan tersebut juga merupakan bagian dari dakwah ekonomi untuk meningkatkan perekonomian umat. “Dulu awalnya hanya sedikit pedagang, lambat laun banyak pedagang yang mengikutinya. Saat ini kawasan jalan menuju masjid benar-benar telah menjadi pasar di Bulan Ramadhan,” pungkasnya. (why)
Supported_by:____________________________________
sponsor
Terima kasih telah berkunjung di Website Personal kami. Mohon berikan komentar Anda untuk meningkatkan kualitas berita kami. Layanan Liputan : 081327736138 | Email:saifudinmadugo@yahoo.com
SAIFUDIN-23-1-1024x294

0 komentar:

Posting Komentar