.::Selamat Datang di Situs Resmi Saifudin Madu Go::. | .::Website Personal yang berhubungan dengan Inspirasi, Edukasi dan Liputan Kegiatan::.

Sabtu, 18 November 2017

Meriahkan Pitulasan, SMK Madu Go Banjir 33 Tumpeng

GOMBONG (MadugoNews) - Berbagai kegiatan unik dilaksanakan oleh masyarakat Gombong untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 72. Seperti yang dilakukan oleh SMK Ma’arif 2 Gombong (SMK Madu Go) ini. Dalam rangka memeringati HUT Kemerdekaan RI, Selasa-Rabu (15-16/8), pihaknya menggelar berbagai lomba diantaranya menghias tumpeng.

Tiga puluh tiga tumpeng yang merupakan simbolis dari jumlah kelas di SMK Ma’arif 2 Gombong pada tahun pelajaran 2017/2018 itu, beralaskan daun pisang lengkap dengan ubo rampenya, berikut sayur kluban, sayur mie, krupuk dan tempe membuat makin menarik untuk dihidangkan.
Uniknya, pembuatan tumpeng tersebut bersifat lomba dengan diikuti oleh antar kelas yang berjumlah 33, serta didampingi oleh tiap-tiap wali kelas yang bertujuan untuk memotivasi peserta didiknya agar tumbuh berkreasi serta berinovasi dalam bidang tata boga. Tak ayal para siswa dengan lahap dan riang gembirapun menyantapnya, sesaat setelah dilakukan doa bersama.
Kegiatan yang dilakukan di halaman sekolah setempat itu, juga dihadiri oleh Kepala Sekolah, Dewan Guru dan Karyawan serta 1.146 siswa SMK Ma’arif 2 Gombong.
Waka Kesiswaan SMK Ma’arif 2 Gombong Retno Pudjiastuti, S.Pd. Ketika dijumpai MadugoNews mengatakan, tumpeng merupakan perwujudan dari sebuah doa. Bentuknya yang mengerucut, melambangkan arah tujuan hidup yang fokus.
Maka dari itu, lanjut Retno, tidak heran jika hingga saat ini, tumpeng merupakan tradisi yang selalu hadir pada setiap acara-acara sakral yang dilaksanakan oleh masyarakat Jawa. “Dengan adanya tumpeng ini, kami berharap semoga peserta didik SMK Ma’arif 2 Gombong dapat mempunyai arah tujuan hidup yang jelas,” katanya.
Masih kata Retno, pada perayaan hari Kemerdekaan RI yang ke 72 ini, banyak sekali lomba-lomba yang telah dilaksanakan oleh sekolahnya, baik secara akademik maupun non akademik seperti qiro’ah, LCC, bulu tangkis, tenis meja, voly, karikatur, pildaja serta membuat dan menghias tumpeng. “banyak kegiatan kesiswaan SMK Ma’arif 2 Gombong pun diadakan baru-baru ini,” imbuhnya.
Baca juga :
Acara lomba tersebut telah disediakan bermacam doorprize antara lain voucher belanja di koperasi sekolah, alat tulis dan sejumlah uang tunai bagi peserta.
Peserta lomba terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan lomba, seperti yang diungkapkan oleh salah satu peserta lomba Siti Salamah (17) dari kelas XII TKR 2, bahwa kegiatan ini sangat menyenangkan sekali pas dengan hobinya dirumah yaitu memasak. Dirinya berharap acara ini bisa diselenggarakan tiap tahunnya di sekolah, karena bisa mengembangkan bakat siswa yang punya hobi memasak.
“Saya sangat tertarik dan senang mengikuti lomba ini, bisa membangun bakat, pinter bikin masakan, apalagi lomba bikin tumpeng sesuatu hal yang baru bagi saya”, ungkapnya kepada MadugoNews seraya berharap juara di lomba tersebut.
Pada saat dilakukan penilaian oleh tim juri, siswa tidak hanya diam saja. Tetapi mereka menyambutnya dengan yel-yel masing-masing kelas. Yel yang mereka bawakan juga berbeda-beda. Adapun tiga kriteria penilaian, yaitu kekompakkan regu, rasa tumpeng dan ube rampe serta keindahan dari hasil hiasan.
Menurut Kepala SMK Ma’arif 2 Gombong Ngadino, S.Kom yang sekaligus menjadi Juri lomba menyampaikan, kegiatan tersebut selain memeriahkan HUT RI ke 72 pada tahun 2017, juga sebagai sarana untuk merangsang kreatifitas siswa-siswi dalam ketrampilan menghias nasi tumpeng dan meningkatkan jiwa kewirausahaan. ‘’Tujuan lainnya adalah untuk menumbuhkan kecintaan peserta didik terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia yang saat ini merayakan HUT ke 72,’’ ujarnya pada MadugoNews.
Sementara itu dari hasil penilaian juri, berhasil menjadi juara pertama lomba menghias tumpeng yaitu dari Kelas x tptu 2, disusul XI TPTU 4 sebagai juara kedua dan sebagai juara ketiga dari kelas XI TAV. (sfd)
Supported by:
sponsor_______________________________________________________
Terima kasih telah berkunjung di Website Personal kami. Mohon berikan komentar Anda untuk meningkatkan kualitas berita kami.
Layanan Liputan : 081327736138 | Email: saifudinmadugo@yahoo.com
SAIFUDIN-23-1-1024x294

0 komentar:

Posting Komentar